Kamis, 07 Oktober 2010

latihan soal produktif

SMK INDONESIA RAYA BANDUNG
                                       Mata Pelajaran           Kompetensi kejuruan Teori
                                       Kelas /Program          XII Administrasi Perkantoran                   
                                       Hari Tanggal              Jumat, 12 Maret 2010
                                       Waktu                          120 Menit

Pilihlah jawaban yang benar di bawah ini!
1.       Masyarakat dan organisasi pada umumnya yang membutuhkan produk dan jasa serta berpotensi untuk melakukan pembelian disebut....
a.       Customer
b.      Teller
c.       Seller
d.      Organizer
e.      Produsen

2.       Berikut ini yang bukan makna pelanggan adalah...
a.       Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam jaringan bisnis
b.      Pelanggan merupakan sahabat perusahaan karena ia tak pantas ditelantarkan
c.       Pelanggan adalah orang yang suka memberikan kritik perbaikan atas produk-produk suatu perusahaan
d.      Pelanggan adalah orang yang tergantung kepada kita
e.      Pelanggan adalah mereka yang melakukan pembelian produk  secara berulang-ulang
3.       Pelanggan internal adalah orang-orang yang telibat dalam proses produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, diantaranya...
a.       Direksi, kepala divisi,supervisor,dan distributor
b.      Direksi, supervisor, agen, karyawan
c.       Direksi, kepala divisi,pedagang asongan, karyawan
d.      Direksi, kepala divisi, distributor,dan nasabah
e.      Direksi, kepala divisi,supervisor,dan bagian pemasaran
4.       Produk memuaskan,harga kompetitif, barang tahan lama dan bagus,pelayanan purna jual,adalah kebutuhan dari...
a.       Pelanggan internal
b.      Pelanggan eksternal
c.       Pelanggan setia
d.      Pelanggan rahasia
e.      Pelanggan luar kota
5.       Berikut ini  adalah sikap positif dalam melayani pelanggan, kecuali...
a.          Sopan
b.         Ramah
c.          Sinis
d.         Mengucapkan terima kasih
e.         Menghargai
6.       Dibawah ini yang termasuk dasar-dasar pelayanan kecuali...
a.          Berpakaian dan  berpenampilan rapi
b.         Percaya diri ,bersikap akrab dan penuh senyuman
c.          Menyapa dengan lembut dan berusaha menyebutkan nama jika sudah dikenal
d.         Berbicara dengan bahasayang baik dan benar
e.         Bergurau dengan pelanggan
7. Ciri pelayanan yang baik yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan bila kita memiliki hal-hal berikut ini,kecuali...
a.          Karyawan yang profesional
b.         Sarana dan prasarana yang baik
c.          Produk yang beragam
d.         Produk yang banyak
e.         Bertanggung jawab kepada pelanggan
8.       Yang bukan termasuk ke dalam unsur-unsur komunikasi adalah...
a.       Komunikan
b.      Komunikator
c.       komunitas
d.      Pesan
e.      Respon
9.       Prosedur pengiriman berita yanng menyangkut sarana dan media yang digunakan dalam mengirim berita disebut...
a.       Messages
b.      Transmits
c.       Credibility
d.      Feedback
e.      Context
10.   Berikut ini adalah faktor penghambat dalam berkomunikasi,kecuali...
a.       Kurangnya media yang dibutuhkan
b.      Sambungan kabel yang kurang baik
c.       Sikap otoriter dan keras kepala
d.      Menggunakan lambang atau bahasa isyarat yang kurang jelas
e.      Menggunakan kata-kata atau kalimat yang dimengerti komunikan

11.   Hubungan yang terlalu formal  yang mengakibatkan suasana tidak akrab dan terasa kaku antara pimpinan dan bawahan adalah faktor penghambat dalam berkomunikasi berupa...
a.     Rintangan perilaku
b.    Rintangan teknis
c.     Rintangan jarak
d.    Rintangan bahasa
e.    Rintangan struktur

12.   Berikut ini adalah jenis-jenis media komunikasi  jika ditinjau dari cara penggunaannya adalah...
a.       Media komunikasi audio visual
b.      Media komunikasi nirmassa
c.       Media komunikasi massa
d.      Pertemuan
e.      Wawancara

13.   Berikut ini adalah alat komunikasi  visual adalah...
a.       Komputer
b.      Wawancara
c.       Telepon
d.      Radio
e.      Spanduk

14.   Berikut ini adalah standar  menerima telepon yang benar adalah...
a.       “Hallo..dengan PT  Alam segar di sini, ada yang bisa saya bantu?”
b.      “Selamat pagi  PT Alam segar di sini,  maaf ada keperluan apa?”
c.       “Selamat pagi  PT Alam segar,dengan Lidya, ada yang dapat saya bantu?”
d.      “Dengan PT Alam segar di sini, silahkan anda meninggalkan pesan!”
e.      “Selamat pagi  dengan PT Alam segar di sini, Bapak pimpinan sedang tidak ada di tempat  apakah ada pesan?”

15.   Sewaktu kita akan  menelepon,hal-hal apa saja yang perlu disiapkan...
a.       Nomor yang akan dituju, masalah yang akan dibicarakan,nama yang akan dituju,alat perekam
b.      Nomor yang dituju,masalah yang akan dibicarakan,nama yang akan dituju.alat tulis.
c.       Masalah yang akan dibicarakan, alat perekam,nama pimpinannya
d.      Nama perusahaan,nama direktur/pimpinan,alat perekam
e.      Menyiapkan naskah pembicaraan,alat perekam,alat tulis

16.   Suatu proses,pengaturan,dan saluran menyampaian warta/informasi yang mengandung arti dan kegunaan  dalam rangka aktivitas  kehidupan manusia sebagai mahluk sosial disebut...
a.       Proses komunikasi
b.      Komunikasi langsung
c.       Tata hubungan komunikasi
d.      Media komunikasi
e.      Prinsip komunikasi

17.   Pelanggan mengeluh karena mutu produk atau layanan  adalah konflik yang terjadi antara...
a.       Pelanggan dengan customer service
b.      Staff dengan perusahaan
c.       Staff dengan staff
d.      Perusahaan dengan perusahaan
e.      Perusahaan dengan pelanggan

18.   Bekerja dengan bersih dan sehat adalah bekerja dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan pribadi maka sebaiknya kita...
a.       Memperhatikan lampu  penerang yang memadai
b.      Memperhatikan lingkungan kerja yang bersih
c.       Memperhatikan  sirkulasi udara
d.      Menjaga stamina tubuh dengan olah raga dan makan makanan yanng sehat
e.      Membuang sampah pada tempatnya

19.   Berikut ini adalah sikap terhadap rekan kerja yang harus dikembangkan dalam lingkungan kerja,kecuali...
a.       Bersikap baik dan bersahabat dalam melaksanakan koordinasi
b.      Menghindari ucapan atau kata-kata yang tidak sopan
c.       Menghindari sikap atau ucapan yang bernada bermusuhan
d.      Menjauhi sikap berprasangka buruk terhadap atasan dan rekan kerja
e.      Selalu membicarakan kelemahan atasan dan teman sekerja di depan umum

20.   Berikut ini adalah salah satu faktor pembentukan suatu tim adalah...
a.       Adanya keterampilan yang memadai
b.      Adanya saling percaya
c.       Kemampuan negosiasi
d.      Adanya aturan yang mengikat
e.      Pemikiran dua orang atau lebih  cenderung lebih baik daripada pemikiran satu orang

21.   Berikut ini adalah salah satu tugas dan tanggung jawab anggota dalam suatu tim adalah...
a.       Menanggapi setiap permasalahan yang timbul dalam suatu tim
b.      Memikul seluruh tanggung jawab terhadap maju mundurnya suatu tim
c.       Memberikan kontribusi yang nyata memajukan kerja sama dalam tim
d.      Memberikan komando terhadap pelaksanaan tugas dan kegiatan tim
e.      Mengambil suatu keputusan dalam tim






22.   Dana kas kecil yangbsetiap bulannya diberikan dalam jumlah tertentu secara tetap sistem pengisian data seperti ini disebut...
a.       Imprest
b.      Fluktuasi
c.       Rutin
d.      Buku besar
e.      Tabelaris

23.   Pembentukan dana kas kecil dimulai dengan surat keputusan dari...
a.       Direktur
b.      Manajer keuangan
c.       Komisaris
d.      Kasir
e.      Personalia

24.   Sejumlah uang kas atau uang tunai yang disediakan oleh perusahaan untuk membayar pengeluaran rutin dalam jumlah yang relatif kecil disebut...
a.       Harta lancar
b.      Harta tetap
c.       Buku besar
d.      Kas kecil
e.      Saldo

25.   Bagian yang terlibat dalam prosedur pengeluaran dana kas kecil adalah...
a.       Pemegang dana kas kecil
b.      Bagian kasir
c.       Bagian utang
d.      Bagian Pemegang dana kas kecil dan pemakai dana kas kecil
e.      Bagian jurnal

26.   Rincian tentang pengneluaran atau penggunaan kas kecil yang harus terlihat jelas sebagai laporan pertanggung jawaban  adalah..
a.       Neraca
b.      Jurnal
c.       Petty cash
d.      Laporan mutasi dana kas kecil
e.      Bukti pengeluaran kas kecil

27.   Jika pada waktu dana kas kecil menipis maka pemegang kas kecil harus mengisi...
a.       Buku kas kecil
b.      Bukti pengeluaran kas kecil
c.       Formulir permintaan pengisian kas kecil
d.      Bukti penerimaan kas kecil
e.      Voucher

28.   Dokumen yang digunakan oleh pemegang kas keciluntuk mempertanggung jawabkan penggunaan kas kecil adalah...
a.       Bukti transaksi
b.      Formulir permintaan pengisian kas kecil
c.       Bukti penerimaan kas kecil
d.      Bukti pengeluaran kas kecil
e.      Buku kas

29.   Dana kas kecil biasanya diambil dari...
a.       Saldo kas perusahaan
b.      Saldo perusahaan
c.       Persediaan dari saldo kas
d.      Kebijakan perusahaan
e.      Persediaan kas perusahaan

30.   Di bawah ini yang termasuk ke dalam kas adalah...
a.       Uang kertas/uang  logam
b.      Cek
c.       Simpanan di bank dalam bentuk giro
d.      Traveller’s cek
e.      Deposito berjangka

31.   Format yang terdiri dari tanggal, nomor bukti, keterangan, penerimaan, pengeluaran, dan saldo digunakan untuk..
a.       Neraca
b.      Laporan kas kecil
c.       Laporan rugi laba
d.      Rekonsiliasi bank
e.      Buku besar

32.   Mesin-mesin kantor yang berfungsi untuk memperbanyak bahan keterangan diantaranya sebagai berikut,kecuali...
a.       Mesin offset
b.      Mesin fotokopi
c.       Mesin stensil
d.      Mesin telekopi
e.      Mesin perekam sheet
33. Produk memuaskan,harga kompetitif, barang tahan lama dan bagus,pelayanan purna jual,adalah kebutuhan dari...
a.      Pelanggan internal                            
b.       Pelanggan eksternal
c.        Pelanggan setia                    
d.       Pelanggan rahasia
e.       Pelanggan luar kota

34     Dalam mesin fotokopi biasanya dilengkapi sistem reduction,kegunaan dari tombol tersebut adalah...
a.       Membuat salinan seperti aslinya
b.      Memperkecil salinan
c.       Memperbesar salinan
d.      Menentukan jumlah salinan
e.      Menyortir hasil fotokopi

35     Pernyataan di bawah ini benar adalah...
a.       Mesin faksimile digerakkan dengan tenaga manusia
b.      Cara kerja dan komponen mesin faksimile mekanik
c.       Mesin faksimile diciptakan untuk menggandakan dokumen
d.      Mesin fotokopi adalah alatpenggandaan yang menggunakan tenaga listrik
e.      Mesin fotokopi menggunakan proses penyalianan dokumen dengan sistem magnetik
36.  Kumpulan teratur dari bahan-bahan arsip, surat, kartu-kartu mikro film dan sebagainya yand dipakai setiap kali untuk bahan petunjuk atau untuk pembuktian adalah definisi dokumen menurut....
a. kamus besar Bahasa Indonesia
b.  Lembaga administrasi negara
c.  Atmosudirdjo
d.  ensiklopedia administrasi
e.  ensiklopedia umum



37.  Dokumen yang dipakai secara terus menerus dalam suatu proses pekerjaan kantor disebut....
     a. dokumen semi aktif                            
b. dokumen pribadi
     c. dokumentasi                                        
d. Dokumen in-aktif
     e. dokumen aktif

38.  Dokumen yang berisi informasi perkembangan perekonomian suatu bangsa dan hubunganya denga suatu kemakmuran disebut....
a. dokumen sejarah                                
b. Dokumen ekonomi
c. dokumen pribadi                                 
d. Dokumen hukum
e. dokumen primer

39. Di bawah ini merupakan fungsi surat, kecuali
a. Sebagai alat pengingat berfikir                      
b. Sebagai alat bertindak
c. sebagai alat ukur makmuran              
d. sebagi bukti historis
e. sebagai  duta atau wakil

40. Ukuran kertas 21,5 cm X 33 cm disebut kertas....
a.  folio                                                    
b.  Kuarto
c.  A4
d.  B4                   
e.  Leter

1 komentar:

  1. pa saya Ai Rohani kelas XII_Ap
    saya sudah buka blognya
    makasih yaa,atas soal-soalnya semoga bermanfaat bagi kita....

    BalasHapus